Bijak Membuat Keputusan Finansial

money-financeHampir setiap orang pernah berhadapan dengan berbagai keputusan sulit soal finansial, mulai dari memilih kredit mobil sampai menentukan pendidikan anak. Jika kurang berhati-hati, Anda bisa membuat keputusan keliru yang justru merugikan.

Nah, berikut ini adalah sejumlah hal yang sebaiknya dipikirkan masak-masak terkait masalah finansial:

Kredit mobil
Jangan memilih pembayaran bulanan terendah dengan jangka waktu kredit mobil selama lima tahun atau lebih. Semakin lama jangka waktu pinjaman, semakin besar jumlah bunga yang harus Anda bayar. Mobil merupakan jenis aset yang mengalami deprisiasi. Harganya cenderung menurun dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, jangan biarkan diri membayar bunga lebih banyak
daripada yang diperlukan.

Sebaliknya, cari kredit mobil dengan jangka waktu pinjaman selama 36 bulan atau kurang. Jika jangka waktu yang pendek membuat pembayaran bulanan jadi terlampau tinggi, Anda perlu membeli mobil dengan harga lebih murah.

Barang diskon
Perempuan umumnya paling doyan belanja, apalagi kalau department store kesayangan Anda sedang menggelar sale. Tapi, jangan membayar pembelian barang diskon menggunakan kartu kredit. Sebab, Anda bisa berakhir dengan membayar jumlah yang lebih besar dari harga pembelian, karena bunga yang dikenakan kartu kredit lebih besar daripada diskon yang diberikan.

Sebaliknya, bayar belanjaan menggunakan uang tunai atau kartu debit. Jika terpaksa menggunakan kartu kredit, pastikan untuk membayar lunas pembelian ketika tagihan sampai. Jika barang yang didiskon tidak penting sedikit pun, tak usah membelinya sama sekali.

Pendidikan anak
Setiap orang tua tentu mengharapkan pendidikan terbaik bagi putra-putrinya. Akan tetapi, jangan memaksakan diri mendaftarkan anak ke sekolah atau perguruan tinggi swasta yang supermahal, jika kondisi finansial tidak memungkinkan. Jangan sampai masalah pendidikan membuat Anda sekeluarga terjebak utang, dan mengabaikan kebutuhan-kebutuhan lain yang tak kalah penting.

Sebaiknya, rencanakan masa depan buah hati dengan membuat akun tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan sejak dini. Dengan demikian, Anda tidak akan terlalu stress memikirkan biaya pendidikannya kelak.

sumber: mediaindonesia.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s